Tuntunan Sholat Lengkap Menjadi Buku Indonesia Terlaris Sepanjang Masa

Bagi yang gemar membaca, buku adalah hal terpenting kedua dalam hidupnya.

Membaca baginya adalah bagaikan vitamin bagi pikirannya, agar selalu memperoleh asupan gizi keilmuan dan wawasan.

Beberapa waktu yang lalu diadakan Pameran buku Islam yang digagas oleh Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Daerah Khusus Ibukota (DKI),

yaitu bertajuk Jakarta Islamic Book Fair (IBF) 2019 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC).

Saya hanya  menyaksikan berita di televisi, ada yang menarik di pameran itu, karena itu mendadak saya ingin menulisnya di blog ini.

Ada sebuah buku yang mendapatkan penghargaan life Time Achievment, sebagai buku terlaris sepanjang masa.

Tapi yang lebih menarik hati saya adalah, buku ini bukan sejenis novel, biografi tokoh terkenal atau buku bisnis,.. 

melainkan buku tentang panduan atau bimbingan bagi umat Islam dalam melaksanakan sholat.

Judul bukunya "Risalah Tuntunan Sholat Lengkap", 

penulisnya adalah Drs.Moh.Rifai, dengan penerbit yang lama adalah CV. Toha Putera Semarang, dan sekarang menajdi PT.Toha Purtra Semarang.

Saya tertarik untuk menulis artikel ini karena saya juga punya buku itu, dulu sering saya baca, ibu dan kakak saya, untuk lebih mendalami cara-cara dalam melakukan ibadah sehari-hari.

Dulu waktu masih usia sekolah, teman-teman saya juga punya buku ini, dan saya yakin dari mulai anak-anak sampai dewasa dan orang tua punya buku ini.

Isi dalam buku ini mudah dipahami, dengan bahasa yang singkat, sederhana dan mudah dimengerti.

Saya lihat tayangan di televisi, ternyata gambar sampul buku ini tidak berubah, dari cetakan pertama sekitar tahun 1976, sampai sekarang.

Saat ini sudah puluhan kali dicetak ulang.

Buku ini terdiri dari 6 bab, dimana masing-masing bab di uraikan lebih luas, berikut ini lengkapnya:


Bab I Pengantar Umum, 

Berisi tentang hukum-hukum islam, yaitu halal, haram, makruh dan mubah.

Sub babnya tentang  Rukun Islam dan Rukun Iman


Bab II. Thaharoh (bersuci), 

Berisi tentang tata cara bersuci sebelum melakukan ibadah dengan sub bab antara lain:

a. Arti thoharoh

b. Macam-macam najis dan

c. Berwudhu'


Bab III. sunnah sebelum sholat

Tentang hal-hal yang sunnah dilakukan sebelum melaksanakan sholat seperti adzan dan iqamah.


Bab IV Soalat 

Berisi tentang sholat baik arti, bacaan dan tata cara serta gerakan dalam melakukan sholat


Bab v Sholat bagi orang sakit

Tentang bagaimana tata cara sholat yang dilakukan apabila seseorang sedang sakit, sedangkan sholat itu wajib dikerjakan.

Sub bab yang lain adalah sholat sunnah goib, sholat sunnah jika ada kerabat yang meninggal tapi jauh di tempat lain.

Bab VI Sholat-sholat sunnah

Berisi tentang semua sholat-sholat sunnah, baik bacaan, niat, maupun tatacara pelaksanaannya.


Daftar isi di atas saya sadur dari buku cetakan tahun 1976, 

di cetakan-cetakan berikutnya mungkin sudah ada beberapa kali revisi.


Belum ada Komentar untuk "Tuntunan Sholat Lengkap Menjadi Buku Indonesia Terlaris Sepanjang Masa "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel